Selasa, 24 April 2012

KERJA SAMA - BIMBINGAN KONSELING



Standar kompetensi : mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan sosial secara emosional, sosial, dan intelektual.
Kompetensi dasar : memantapkan kematangan dan sikap tentang kehidupan sosial secara emosional, sosial, dan intelektual.
Indikator : a. memiliki kemampuan berinteraksi sosial yang wajar dan dapat bekerja sama.
b. mengembangkan keterampilan bekerja sama dalam kegiatan belajar.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyelesaikan kegiatan ini diharapkan siswa dapat :
1.     Memiliki kemampuan berinteraksi sosial yang wajar dan dapat bekerja sama.
2.    Mengembangkan keterampilan bekerja sama dalam kegiatan belajar.
Materi Pembelajaran
A.   Manusia Sebagai Makhluk Sosial
Manusia terlahir di dunia selain sebagai makhluk individu juga sebagai makhluk sosial, maksudnya dalam kehidupan ini tidak akan terlepas bagi seorang individu mempunyai hak-hak dan kewajibannya untuk diri sendiri yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa dan sebagai makhluk sosial yang tidak terlepas hubungannya membutuhkan bantuan orang lain.
Anda tentu sering mendengar bahwa manusia merupakan makhluk individu dan sosial. Menusia merupakan makhluk pribadi tetapi tidak mampu hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal ini mungkin sering anda dengar dan menjadi terasa klise. Kali ini cobalah memahami hal ini dengan cara dan pemahaman baru dari segi pengembangan diri.

1.  Interaksi dengan orang lain akan mempengaruhi perkembangan diri
Dari orang lain anda akan terinspirasi, mendapatkan dukungan. Anda juga akan terpacu untuk terus berkembang. Selain itu, orang lain dapat menjadi tolak ukur perkembangan diri anda sehingga anda mengetahui apakah perkembangan diri anda cepat atau lambat dibandingkan dengan orang lain.

2.  Interaksi sosial akan membuat anda secara pribadi memiliki eksistensi
Jika anda dapat melakukan sesuatu atau mengukir prestasi yang bermanfaat bagi peradaban manusia. Anda akan memahami bahwa hidup anda berarti bagi diri sendiri maupun orang lain. Eksistensi atau keberadaan anda diakui karena adanya manusia lain. Hal ini tentu berbeda dibandingkan jika, misalnya, anda melakukan sesuatu yang spektakuler di tengah padang pasir atau hutan belantara, tidak ada seorangpun yang tahu dan anda tidak mencoba memberitahukan pada siapapun. Hal hebat yang anda lakukan tidak akan menginspirasi orang lain, tidak akan diaplikasikan dan diapresiasi oleh siapapun, dan kemudian hilang begitu saja. Interaksi dengan orang lain, membangun jaringan merupakan unsur penting yang akan memacu perkembangan diri anda. Mulai saat ini anda dapat mencoba menciptakan interaksi yang bermakna. Anda adalah bagian dari sebuah jaringan besar interaksi sosial, dan kehadiran anda merupakan satu sumbangan berharga bagi satu langkah maju peradaban manusia. Sadarilah hal ini dari dalam setiap interaksi anda dapat melakukan hal yang terbaik bagi pertumbuhan diri anda dan orang lain.
B.    Pentingnya Kerja Sama
Dalam menjalani kehidupan sebagai makhluk individu maupun sosial, selalu diperlukan dukungan adanya kerja sama dalam menyelesaikan suatu tugas ataupun pekerjaan yang dibebankan kepada diri kita untuk pencapaian tujuan bersama.
Bagaimana agar kita dapat memikat orang lain mengikuti cara berpikir kita? Agar dapat menemukan suatu kesepakatan, berikut ini cara-cara mewujudkan kerja sama, diantaranya sebagai berikut :
1.     Satu-satunya cara memperoleh manfaat sepenuhnya dan menghindari adanya perdebatan.
2.    Tunjukkan penghargaan terhadap pendapat orang lain, jangan pernah berkata “anda salah”
3.    Kalau anda salah, akui dengan segera dan dengan simpatik.
4.    Mulailah dengan cara yang ramah.
5.    Buatlah orang lain mengatakan “ya”,”ya” segera.
6.    Buatlah orang lain yang lebih banyak berbicara.
7.    Biarkan orang lain merasa ide itu merupakan idenya.
8.    Cobalah dengan sungguh-sungguh untuk melihat segala sesuatunya dari sudut pandangan orang lain.
9.    Bersimpatilah dengan ide dan hasrat orang lain.
10. Imbau motif-motif yang lebih mulia.
11.  Dramatisir ide-ide anda.
12. Lemparkan tantangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar