Selasa, 24 April 2012

Permainan Bola Besar

PERMAINAN BOLA BESAR - Kelas X (Bola Besar)



PERMAINAN BOLA BESAR - Kelas X

A.SEPAK BOLA
1.Pengertian Sepak Bola
Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola, yang mempunyai tujuan untuk memasukan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang tersebut agar tidak kemasukan bola. Di dalam permainan setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan.
Sepak bola merupakan permainan beregu yang masing-masing regu terdiri dari 11 pemain. Biasanya permainan sepak bola dimainkan dalam dua babak ( 2x 45 menit ) dengan waktu istirahat 10 menit diantara dua babak tersebut. Mencetak gol ke gawang lawan merupakan sasaran dari setiap kesebelasan. Suatu kesebelasan dinyatakan sebagai pemenang apabila kesebelasan tersebut dapat memasukan bola kegawang lawan lebih banyak dan kemasukan bola lebih sedikit jika dibandingkan dengan lawannya.
2.Peraturan Sepak Bola
a.Lapangan Permainan
Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang. Panjang minimal 90 m, maksimal 120 m. lebar minimal 45 m, maksimal 90 m. untuk pertandingan internasional, panjang minimal 100 m, maksimal 110 m. lebar minimal 65 m, maksimal 75 m.
b.Jumlah dan perlengkapan pemain
-Jumlah pemain sepak bola :
1)Pertandingan dimainkan 2 regu yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain
2)Pergantian pemain maksimal 3 orang pemain dari suatu pertandingan
3)Dalam pertandingan lain, pergantian dapat dilakukan sampai 5 orang pemain.
4)Pemain dapat bertukar posisi dengan penjaga gawang, asalkan mendapat persetujuan wasit sewaktu pertandingan sedang berhenti atau bola mati.
-Durasi Pertandingan
Pertandingan berlangsung 2 x 45 menit diselingi waktu istirahat 15 menit.
3.Teknik-Teknik Dasar Sepak Bola
a.Teknik tanpa bola (teknik badan)
Teknik badan adalah cara pemain menguasai gerak tubuhnya dalam permainan, yang menyangkut cara berlari, cara melompat, dan cara gerak tipu.
b.Teknik dengan bola
1)Teknik menendang bola
Menendang bola merupakan faktor penting di dalam permainan sepak bola. Untuk menjadi pemain bola yang sempurna, pemain perlu mengembangkan kemahirannya di dalam menendang bola. Teknik menendang bola adalah seni. Pemain yang bagus harus bisa mengukur sejauh mana tendangan yang akan dicapai sesuai dengan arah.
2)Teknik menahan bola
Teknik menahan bola antara lain :
(1)Menahan bola menyusur tanah dengan kaki bagian dalam dan dengan telapak kaki.
(2)Menahan bola memantul dengan kaki bagian dalam, dengan kaki bagian luar, dengan telapak kaki dan perut.
(3)Menahan bola di udara dengan menggunakan kaki bagian dalam, dengan paha, dengan dada, dengan kepala, dengan punggung kaki.
3)Teknik menggiring bola (dribbling)
Pada umumnya dribbling dilakukan dengan menggunakan 3 cara yaitu: (1) menggiring bola dengan kaki bagian dalam, (2) menggiring bola dengan kaki bagian luar, (3) menggiring bola dengan punggung kaki.
4)Teknik gerak tipu dengan bola
Teknik gerak tipu bola dilakukan dengan menggunakan gerak tipu badan (gerak tipu tanpa bola ) namun menggunakan bola.
5)Teknik menyundul bola
Menyundul bola dapat dilakukan dengan sikap berdiri dengan kaki tetap diatas tanah atau sambil melompat ke udara.
6)Teknik merampas bola
(1)Dengan cara berhadapan tanpa menjatuhkan diri. (2) dengan cara meluncur (sliding tackle) kaki bagian luar dan kaki bagian dalam.
7)Melempar Bola Kedalam (throw-in)
Melempar bola kedalam dilakukan apabila bola keluar melalui garis samping lapangan permainan. Pemain tidak dibenarkan membuat goal dari lemparan kedalam.
8)Teknik penjaga gawang
Teknik penjagaan gawang antaran lain: (1) menangkap bola yang bergulir ketanah. (2) menangkap bola setinggi perut, (3) menangkap bola setinggi dada,(4) men-tip bola-bola tinggi melalui atas gawang.

B.BOLA VOLI
1.Permainan Bola Voli
Permainan bola voli cukup terkenal di Indonesia. Permainan bola voli dimainkan oleh dua regu yang tiap regu terdiri dari enam pemain. Tiap regu berusaha untuk mendapatkan bola didaerah lawan agar mendapat angka (point). Regu yang pertama mencapai angka 25 adalah regu yang menang.
2.Peraturan Permainan Bola Voli
Regu
1)Komposisi dan registrasi
-Satu regu maksimal terdiri dari 12 pemain. Pelatih, asisten pelatih, trainer, dan dokter medis.
-Pemain libero
a.Setiap regu berhak mendaftarkan satu pemain khususnya bertahan (defensive player). “libero” Antara 12 pemain yang terdaftar.
b.Pemain libero harus terdaftar dalam lembaran angka
c.Hanya pemain yang terdaftar pada lembaran angka yang boleh ikut serta dalam pertandingan.
d.Setelah kapten, regu dan pelatih mendatangi lembar angka, maka pemain yang telah terdaftar tidak boleh diganti.
Posisi dan Rotasi Pemain
1)posisi
Apabila regu penerima servis memperoleh giliran servis, maka pemanin berputar satu posisi searah kearah jarum jam.
2)Kesalahan posisi
a)Pemain di salah satu regu dinyatakan bersalah apabila mereka tidak menempati posisi yang benar sewaktu bola dipukul oleh pemain yang servis.
b)Jika pemain yang melakukan kesalahan servis pada saat dia memukul bola maka kesalahannya itu dianggap sebagai suatu kesalahan dan harus dihukum.
c)Kesalahan posisi menimbulkan konsekwensi sebagai berikut:
(1)Kesalahan itu dihukum dengan kekalahan satu reli.
(2)Para pemain dikembalikan dalam posisi yang benar.
3.Teknik Dasar Permainan Bola Voli
Teknik adalah suatu cara untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien. Teknik di dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal. Tujuan dari permainan bola voli adalah memperagakan teknik dan taktik memainkan bola di lapangan untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan.
1.Gerak dasar tanpa Bola
Gerak dasar lokomotif yang menjadi landasan bagi pelaksanaan teknik dasar bola voli antara lain: (1) gerak dasar bergerak maju, (2) gerak dasar bergerak mundur, (3) gerak dasar bergerak kesamping kiri/kanan, (4) gerak dasar meloncat.
2.Gerak dasar dengan bola
a.Servis
Servis adalah tindakan memukul bola oleh seorang pemain belakang yang dilakukan dari daerah servis, langsung ke lapangan. Servis merupakan aksi untuk melakukan bola kedalam lapangan. Keberhasilan servis tergantung dari kecepatan bola, jalan, perputaran bola dan penempatan bola ke tempat kosong kepada pemain kegaris belakang kepada pemain yang melakukan perpindahan tempat.
b.Passing
Passing dalam permainan bola voli adalah usaha atau upaya seseorang pemain bola voli dengan cara menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuannya adalah untuk mengoperkan bola yang dimainkan itu kepada teman seregu untuk dimainkan dilapangan sendiri.
c.Smash(spike)
Smash adalah tindakan memukul bola kelapangan lawan, sehingga bola bergerak melalui atas jaring dan mengakibatkan pihak lawan sulit mengembalikannya. Smash yang efektif selama permainan berlangsung ialah dengan cara memukul bola dari atas jaring yang disebut spike.
d.Bendungan (block)
Bendungan sangat erat sekali dengan teknik bertahan yang dilakukan diatas net. Keberhasilan bendungan ditentukan oleh loncatan yang tinggi dan kemampuan menjangkau lengan pada bola yang sedang dipukul lawan. Bendungan dapat dilakukan oleh satu, dua atau tiga orang pemain bergantung pada kualitas pemain lawan.

C. BOLA BASKET
1.Hakikat Permainan Bola Basket
Bola basket adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 5 orang pemain. Jenis permainan ini bertujuan untuk mencari nilai/ angka sebanyak-banyaknya dengan cara memasukan bola ke basket lawan dan mencegah lawan untuk mendapatkan nilai. Dalam memainkan bola pemain dapat mendorong bola, memukul bola dengan telapak tangan terbuka, melempar atau menggiring bola kesegala penjuru dalam lapangan permainan.
2.Peraturan Permainan Bola Basket
a.Ketentuan tentang waktu
Waktu pertandingan (playing time)
-Masa (waktu) suatu pertandingan yaitu 2 x 20 menit atau 4 x 12 menit.
-Masa istirahat diantara babak berlangsung selama 10 menit atau 15 menit.
b.Time-out yang diberikan
Time-out harus diberikan berdasarkan ketentuan-ketentuan berikut:
-Untuk pertandingan dengan waktu 2 x 20 menit, 2 kali kesempatan time-out untuk setiap regu selama babak pertama pertandingan berlangsung, 3 kali kesempatan time-out untuk setiap regu selama babak kedua pertandingan berlangsung dan 1 kali time-out setiap babak tambahan.
-Untuk pertandingan 4 x 12 menit. 3 kali kesempatan time-out diberikan kepada tiap-tiap babak (dua periode) selama permainan berlangsung dan 1 kali time-out untuk tiap babak tambahan.
3.Teknik Permainan Bola Basket
Bola basket termasuk jenis permainan yang kompleks gerakannya. Artinya gerakannya terdiri dari gabungan unsur-unsur gerak yang terkoordinir rapi, sehingga bermain dengan baik. Tujuan dari permainan bola basket adalah memasukkan bola ke ranjang lawan dan menjaga keranjang sendiri agar tidak kemasukan bola. Untuk dapat memainkan bola dengan baik perlu melakukan teknik gerak dengan baik. Pada dasarnya gerak yang efisien adalah gerakan yang benar tanpa kehilangan tenaga yang sia-sia. Misalnya pada gerakan mendorong suatu agar efisien, maka semua otot bekerja kearah depan, tidak ada otot yang bergerak kearah samping, baik otot kaki, paha, badan, lengan dan tangan. Dengan demikian gerakan yang efisien adalah gerakan yang mengeluarkan tenaga sedikit mungkin, akan tetapi menghasilkan kerja yang besar.
a.Teknik melempar dan menangkap bola
Pada umumnya operan dapat dilakukan dengan cepat, keras, tetapi tidak liar sehingga dapat dikuasai teman yang akan menerimanya. Operan dapat dilakukan dengan lunak, tetapi akan tergantung pada situasi keseluruhan, kedudukan situasi teman, timing dan taktik yang digunakan. Untuk dapat melakukan operan dengan baik dalam berbagai situasi haris menguasai bermacam-macam teknik dasar melempar dan menangkap bola dengan baik.
b.Teknik menggiring bola (dribbling)
Menggiring bola adalah salah satu cara yang diperbolehkan oleh peraturan untuk membawa lari bola kesegala arah. Seseorang pemain boleh membawa lebih dari satu langkah, asal bola sambil dipantulkan baik dengan berjalan maupun berlari. Cara menggiring bola yang benar adalah dengan satu tangan (kanan/kiri). Kegunaan menggiring bola adalah untuk mencari peluang serangan, menerobos pertahanan lawan dan memperlambat tempo permainan.
c.Teknik menembak bola basket
Keberhasilan suatu regu di dalam permainan selalu ditentukan oleh keberhasilan dalam menembak. Dasar-dasar teknik menembak sama dengan teknik lemparan. Jadi jika pemain menguasai teknik mengoper (passing), maka pelaksanaan teknik menembak bagi pemain tersebut akan sangat mudah dan cepat dilakukan. Bentuk-bentuk teknik gerakan menembak dalam permainan bola basket antara lain: (1) tembakan satu tangan diatas kepala, (2) tembakan lay-up, (3) menangkap bola dilanjutkan menembak (lay-up), (4) tembakan meloncat dengan dua tangan (jump shot) dan (5) tembakan kaitan.
d.Teknik dasar bertumpu satu kaki (pivot)
Gerakan pivot ialah berputar kesegala arah dengan bertumpu pada salah satu kaki (kaki poros) pada satu pemain tersebut menguasai bola. Sedangkan kaki yang dipindah dapat melewati depan atau melewati belakang. Gerakan pivot berguna untuk melindungi bola dari perebutan pemain lawan, untuk kemudian bola tersebut diperkuat kepada lawannya atau mengadakan tembakan.


Sumber Referensi
Muhajir. 2004. PENDIDIKAN JASMANI Teori dan Praktek SMA (1). Jakarta : Erlangga.
Mukholid, Agus. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : PT Ghalia Indonesia Printing.

1 komentar: