Selasa, 18 Desember 2012

DUNIA PERGAULAN


    A.   PERGAULAN
Berinteraksi dengan orang lain merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh seseorang. Kita mengetahui sendiri bahwa manusia itu bukanlah makhluk yang hanya bersifat individu. Dia juga sebagai makhluk sosial karena dia tidak mampu hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Seseorang bisa survive dalam kehidupan bila dia dapat memosisikan dirinya sebagai makhluk individu atau maupun makhluk sosial. Bisa survive atau tidaknya seseorang, hal ini dipengaruhi faktor pengalaman masing-masing individu serta bagaimana individu menyikap pengalaman yang sudah didapat.
Pergaulan dapat mengantarkan seseorang menuju kesuksesan. Sebaliknya juga, pergaulan dapat menjerumuskan seseorang ke jurang kegagalan. Bila seseorang berkumpul dengan orang-orang yang baik, maka sikap dan semangat positifnya akan menular. Namun bila pergaulan tidak mendukung seseorang untuk maju dan berprestasi, maka sebaiknya pergaulan tersebut dihindari.
Pergaulan tidak hanya terjadi di lingkungan sekolah, namun pergaulan juga terjadi di luar sekolah atau masyarakat.
      1.      Pergaulan di Lingkungan Sekolah
Remaja sebagian besar sedang mengalami pergaulan di lingkungan sekolah. Pergaulan di sekolah tidak sama dengan pergaulan di luar sekolah. Di lingkungan sekolah, kita berinteraksi dengan orang-orang yang berpendidikan. Oleh karena itu ada aturan main tersendiri. Di lingkungan ini biasanya tata krama sangat ketat, bagaimana siswa bergaul dengan guru berbeda caranya bila mereka bergaul dengan temannya. Tutur kata, perilaku di sekolah hendaknya lebih terjaga.
      2.      Pergaulan di Luar Sekolah
Di luar sekolah, kita bergaul dengan siapa saja dari berbagai golongan. Oleh karena itu, sering kita mendengar kata-kata yang kurang sopan. Namun alangkah baiknya, seorang siswa yang baik harus tetap bisa bertingkah laku dengan sopan. Jangan ikut terbawa arus yang negatif dari lingkungan.
     3.      Pergaulan di Lingkungan Pekerjaan
Di lingkungan pekerjaan, kita bergaul dengan orang yang sejajar-semitra dengan kita dan ada juga yang menjadi atasan kita. Kita bisa lebih leluasa bisa bergaul dengan teman satu pekerjaan. Namun dengan atasan, kita harus berhati-hati dalam berucap. Setiap kita haris mampu menjadi orang yang bisa menempatkan diri, dengan melihat siapa diri kita. Dengan mengetahui siapa diri kita, tentu kita akan mengetahui bagaimana seharusnya kita bergaul.

   B.   Bergaul yang Baik dan Benar
Bergaul yang baik adalah bergaul yang mengembangkan sikap hormat-menghormati, saling menghargai, saling menjaga norma-norma yang berlaku, dan menjauhkan dari hal-hal yang tercela.

   C.   Interaksi Sosial
Anda tentu sering mendengar bahwa manusia merupakan makhluk Individu dan sosial. Manusia merupakan makhluk pribadi tetapi tidak mampu hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal ini mungkin terlalu sering anda dengar dan menjadi terasa klise. Kali ini cobalah memahami hal ini dengan cara dan pemahaman baru dari segi pengembangan diri.
1.      Interaksi dengan orang lain akan mempengaruhi perkembangan diri
Dari orang lain anda akan terinspirasi, mendapatkan dukungan, anda juga akan terpacu untuk terus berkembang. Selain itu, orang lain dapat menjadi tolok ukur perkembangan diri anda sehingga anda mengetahui apakah perkembangan diri anda cepat atau lambat dibandingkan dengan orang lain.
2.      Interaksi sosial akan membuat anda secara pribadi memiliki eksistensi
Jika anda dapat melakukan sesuatu atau mengukir prestasi yang bermanfaat bagi peradaban manusia, anda akan memahami bahwa hidup anda berarti bagi diri-sendiri maupun orang lain. Eksistensi atau keberadaan anda diakui karena adanya manusia lain. Hal ini tentu berbeda dibandingkan jika misalnya, anda melakukan spektakuler di tengah padang pasir atau hutan belantara, tidak ada seorangpun yang tahu dan anda tidak mencoba memberitahukan pada siapapun.
Hal hebat yang anda lakukan tidak akan menginspirasi orang lain, tidak akan diaplikasikan dan diapresiasi oleh siapapun, dan kemudian hilang begitu saja. Interaksi dengan orang lain, membangun jaringan, merupakan unsur penting yang akan memacu perkembangan diri anda. Mulai saat ini anda dapat mencoba menciptakan interaksi yang bermakna. Anda adalah bagian dari sebuah jaringan besar interaksi sosial, dan kehadiran anda merupakan satu sumbagan berharga bagi satu langkah maju peradaban manusia. Sadarilah hal ini dan dalam setiap interaksi anda dapat melakukan hal yang terbaik bagi penumbuhan diri anda dan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar