Rabu, 02 Mei 2012

Cara Pemakaian Praktis Bawang Putih



Dalam budaya China, bawang putih merupakan barang penting dan sangat berharga. Bahkan sebuah kata mutiara kuno menyebutkan “Jika usiamu sudah 50 tahun dan kamu memakan 50 bawang putih selama 50 hari, maka kamu akan hidup 50 tahun lagi”. Ini menunjukkan betapa besar khasiat bawang putih, sehingga seakan-akan dapat memperpanjang usia.
Khasiat bawang putih dalam bidang kesehatan telah dikenal sejak lama di berbagai belahan dunia. Dalam sejarah Mesir, pada Papirus Eber yang ditulis tahun 1500 sebelum masehi menyebutkan bahwa bawang putih merupakan obat penting untuk penyakit jantung, tumor, serta gigitan binatang dan serangga. Sekitar 30 buah resep ini juga dijumpai dalam tulisan tersebut yang menyebutkan antara lain bawang putih sebagai komponennya.
Bangsa Yunani Kuno juga meyakini bawang putih dapat meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh. Bapak Kedokteran, Hippokrates, menganjurkan bawang putih untuk pengobatan lula beracun (gangren), dan keluhan bronchitis. Sementara itu Ibnu Sina (Pakar Kedokteran Muslim) menyatakan, “Bawang putih dapat menghilangkan bengkak dan membersihkan kulit. Abunya jika dilulurkan dengan madu sangat berguna untuk penyakit kulit dan bermanfaat mengobati pegal-pegal. Bawang putih rebus dan goring dapat mengobati sakit gigi. Berkumur dengan air rebusannya selain dapat mengobati sakit gigi, juga dapat membersihkan kerongkongan.”
Bawang putih (Allium sativum) atau ‘Garlic’ (inggris) termasuk keluaran Allium, merupakan tumbuhan berumbi lapis atau suing bersusun. Setiap umbi bawang putih tersusun dari sejumlah anak bawang (suing) yang setiap siungnya terbungkus kulit tipis berwarna putih.
Umbi lapis berwarna putih mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi serta vitamin A, B1, dan C. Di samping itu dari beberapa penelitian, bawang putih juga mengandung zat aktif allicin, allin, enzim alinase, germanium, sativine, sinitrin, selenium, scordinin, nicotinic acid, dan thylallyl trisulfide trisulfide (senyawa belerang).
Secara garis besar bawang putih memiliki beberapa khasiat antara lain: sebagai obat batuk, influenza, sakit gigi, dan diare, menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), menurunkn menghilangkan logam berat, mendorong reaksi penawar racun, menambah system kekebalan tubuh, Antimikroba (anti bakteri dan anti jamur), mencegah serangan kanker, pengobatan gangguan pencernaan dan ambeien.
Beberapa contoh cara pemakaian praktis bawang putih:
#Hipertensi
Sebanyak 3 siung bawang putih ditumbuk halus. Diperas dengan air secukupnya, lalu saring dan minum secara teratur setiap hari.
#Ambeien
Umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian diambil airnya. Dioleskan di sekitar dubur setiap hari.
#Sakit kepala
Umbi bawang putih ditumbuk dan kompres pada dahi.
#Asma, batuk, dan masuk angin
Sebanyak 3 siung bawang putih, satu sendok makan madu dan gula batu secukupnya. Bawang putih ditumbuk halus, kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata kemudian diperas dan disaring. Minum setiap pagi sampai sembuh.
#Menghilangkan gatal
Masukkan beberapa suing bawang putih ke dalam air mendidih. Dinginkan hingga suhu hangat, lalu tuangkan dalam wadah. Gunakan untuk merendam kaki yang gatal.

Mengingat banyaknya khasiat yang dimiliki bawang putih, sungguh sangat disayangkan jika ‘si mungil’ ini terlewatkan dalam menu konsumsi harian kita.



Source: Majalah MOP edisi 342

1 komentar:

  1. Wah bagus ya
    untuk membantu bagi Anda yang ingin merasakan khasiat bawang putih rebus namun sulit mendapatkannya di daerah Anda, kami jual bawang putih rebus

    KLIK jual bawang putih rebus

    Atau langsung 0813-80-262524 (Ryan) SMS/WhatsApp/Telegram/Line

    BalasHapus