Rabu, 16 Mei 2012

PENYEBAB DAN SOLUSI COMPUTER "LEMOT"



Komputer kamu makin lama makin lambat / lelet/ lemot seiring dengan waktu kamu menggunakannya??? Hal ini pastinya sangat menjengkelkan apalagi kita termasuk orang yang sehari-harinya tidak pernah lepas dari PC/Laptop/Netbook untuk mendukung segala rutinitas kita.
Komputer lemot pada dasarnya bisa jadi karena pengguna kurang memahami dalam mensetting dan memaintenance computer secara optimal. Berikut ini beberapa penyebab computer lemot dan solusinya:
1.      Processor terlalu panas
Processor yang teralu panas biasanya karena kurang mendapat pendingin yang baik sehingga dapat menyebabkan lambatnya kinerja system itu sendiri.
Solusi:
Kebersihan bagian hardware perlu mendapatkan perhatian khusus. Jangan hanya bisa menggunakan tanpa merawat isi CPU, karena bagian-bagian tersebut yang menyebabkan computer dapat bekerja dengan baik. Lakukan pembersihan secara berkala pada bagian dalam computer dari debu, kotoran, dll. Bersihkan dengan kuas yang tidak terlalu keras, bersihkan processor beserta kipas dan komponen lain.
2.      Program yang ikut dipanggil saat startup sehingga memperlambat process ketika menyalakan computer saat pertama kali.
Hal ini disebabkan karena pada saat kita menginstall suatu program, tidak membaca dengan cermat proses instalasi, sehingga terbiasa mengklik “Next”. Sebenarnya pada step by step proses instalasi ditanyakan apakah program tersebut diikutkan pada saat startup atau tidak. Padahal belum tentu kita pasti memerlukannya setiap kali menggunakan computer bukan?
Solusi:
Mendisable startup yang tidak perlu pada Startup System Coniguration, caranya:
Pada start menu windows klik “RUN” (atau tekan tombol icon Windows + R),
Ketikkan msconfig à Enter.
Cari tab Startup, hilangkan centang pada semua program yang tidak diinginkan saat startup, kecuali program antivirus.
Klik Apply
OK
Restart computer.
3.      Memory yang terlalu kecil sehingga tidak mampu mendukung performa system.
Memory yang teralampau kecil sangat mempengaruhi kinerja system computer secara keseluruhan. Lambatnya computer saat membuka dan menjalankan beberapa program pada saat bersamaan merupakan salah satu indicator memory yang kurang.
Solusi:
Tambahkan / upgrade memory menjadi lebih besar sehingga akan meningkatkan kecepatan computer.

Source: Majalah MOP edisi 339

Tidak ada komentar:

Posting Komentar